03 January 2012

Penjualan Pertama dari Toko Kaos Online Papalunna

Lebih dari sebulan Papalunna menjadi reseller  salah satu Online Distro Clothing Terbesar & Terlengkap di Indonesia yang berasal dari Jakarta dengan sistem dropship. Papalunna memilih sistem dropship karena belum punya toko offline sendiri dan juga ini adalah pengalaman pertama menjual produk melalui toko online jadi untuk belajar papalunna memilih sistem yang mempunyai resiko paling minim. Dengan dropship papalunna tinggal promosi sebanyak-banyaknya kalau ada order baru kita teruskan ke pemilik produk dengan langsung memotong komisi bagian kita, urusan packing dan pengiriman nanti sudah menjadi tanggungjawab pemilik produk. Kita tinggal menerima resi pengiriman yang selanjutnya kita serahkan ke konsumen untuk tracking status pengiriman melalaui jasa pengiriman yang dipilih. 

Dengan menggunakan sistem dropship papalunna mempunyai beberapa keuntungan antara lain :
  • Tidak perlu modal besar besar untuk membeli barang / produk yang akan kita jual.
  • Tidak perlu pusing dengan stok barang yang tidak laku yang akhirnya bisa rusak dan menimbulkan kerugian
  • Tidak perlu pusing dengan packing dan pengiriman barang ke konsumen karena sudah diurusi oleh pemilik produk yang kita jadikan reseller via dropship
  • Tidak perlu modal besar untuk membuka toko offline karena jualan bisa dilakukan melalui social network atau blog yang bisa dibuat dengan gratis.
Namun dibalik beberapa keuntungan tersebut dropshiper juga mempunyai kekurangan yaitu  biasanya margin keuntungan tidak maksimal karena biayanya HET (Harga Eceran Tertinggi) sudah ditetapkan oleh pemiliki produk, selain itu untuk menjadi dropship sebuah produk kita juga harus hati-hati memilih, karena banyak kasus promosi dari dropshiper bagus sehingga omzet permintaan naik namun tidak diimbangi respon yang cepat dari pemilik produk yang akhirnya bisa membuat calon konsumen kecewa. 

Seperti pengalaman papalunna sebelumnya yang sempat mengajukan penawaran dropship ke 2 pemilik produk namun akhirnya  papalunna cancel karena melihat responnya sangat lambat. Jika melayani calon dropshiper aja lambat bagaimana nanti kalau melayani calon pembeli, padahal menurut papalunna dalam dunia online kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah nomor 1. Setelah browsing sana sini akhirnya papalunna menemukan penawaran dropship dari online distro yang papalunna sebutkan di atas, papalunna coba tanya-tanya responnya cukup bagus, selain itu online distro tersebut berani mencantumkan alamat lengkap workshopnya sehingga menambah kepercayaan papalunna. Akhirnya papalunna mengajukan penawaran sebagai dropship dan pada akhir bulan November 2011 diterima. 

Setelah  diterima papalunna tidak langsung action, karena kesibukan baru pertengahan Desember  2011 papalunna mulai mengupdate stok barang di toko kaos online papalunna. Pekerjaan update stock barang ternyata sangat menjemukan, apalagi kalau jenis produk banyak ditambah papalunna juga mengurusi blog yang lain yang sudah menghasilkan uang yang juga harus selalu diupdate setiap hari. Jadinya toko online papalunna hanya dijadikan sambilan kalau waktunya longgar baru di update. Bahkan sampai saat ini stok barang yang ada juga belum terdisplay semua di etalase toko online papalunna, ditambah setiap bulan distro online yang papalunna jadikan dropship selalu mengupdate desain baru membuat papalunna agak kewalahan mengupdate stok produk.

Papalunna memilih menjual toko kaos online melalui blogspot karena papalunna sudah punya beberapa blog dengan pengunjung lumayan, tinggal menambah link dan banner di beberapa blog tersebut yang menuju link toko online papalunna sehingga tanpa perlu promosi toko online papalunna sudah mempunyai pengunjung. Selain itu kadang papalunna juga melakukan promosi di fanpage FB papalunna yang dilike oleh ribuan orang, namun untuk promosi di FB papalunna tidak melakukan secara frontal karena fanpage tersebut temanya bukan tentang toko kaos jadi tidak etis kalau terlalu sering promosi disitu.

Setelah berjalan beberapa waktu mulai ada juga yang menanyakan kaos dari toko online papalunna via YM  FB dan sms, walaupun tidak langsung membeli papalunna melihat prospeknya cukup bagus. Hingga kemarin malam tanpa melalui tanya-tanya terlebih dahulu ada sms konfirmasi order dari seseorang yang berasal dari Kalimantan Tengah sebanyak 2 pcs kaos tentang photography. Setelah mengecek ongkos kirim melalui JNE kemudian saya sms balik total biaya yang harus ditransfer untuk pembelian 2 pcs kaos plus ongkos kirim ke alamat tersebut. Sekalian saya bilang kalau jadi transfer sebelum jam 11 siang pengiriman kaos via jne dapat dilakukan pada hari itu juga.

Papalunna belum berpikiran bahwa dia akan jadi membeli sampai tadi siang sekitar jam 10 siang ada sms dari calon konsumen tersebut berbunyi " Dana sudah saya transfer ke rekening BCA 185.500 thx". Langsung saja papalunna cek internet banking BCA papalunna dan benar saja ada transfer uang masuk sebesar tersebut di atas. Segera papalunna proses order tersebut dan sekitar jam 2 siang papalunna sudah mendapatkan resi pengiriman JNE yang segera konfirmasi ke konsumen tersebut di atas.

Order tersebut adalah penjualan pertama dari Toko Kaos Online Papalunna, kalau dilihat dari margin keuntungan mungkin belum banyak namun sudah order pertama tersebut sungguh memunculkan kepuaskan tersendiri bagi papalunna. Bahwa papalunna mampu menjual produk ke orang yang belum pernah saling mengenal, bahwa hanya dengan tulisan di toko online orang tersebut mempercayai papalunna dengan melakukan transfer ke papalunna padahal dia tidak tau seperti apa papalunna dan dimana dia tinggal. Tapi untunglah papalunna memang niatnya cari penghasilan yang halal dari bisnis online tanpa perlu tipu-tipu. Insyaallah papalunna dapat dipercaya karena kepuasan dan kepercayaan pelanggan selalu papalunna utamakan baik pelanggan dari toko kaos online ataupun dengan perusahaan-perusahaan dan partner papalunna dalam bisnis online yang lain.

Jaman memang sudah berubah, trend penjualan melalui internet semakin meningkat, berbelanja apapun dapat kita lakukan hanya dengan berada di depan komputer dan barang yang kita beli diantar langsung ke rumah kita. Tidak seharusnya kita hanya menjadi konsumen atau hanya menjadi penonton. Semoga penjualan pertama dari Toko Kaos Online Papalunna bisa menjadi langkah pertama dari order-order selanjutnya sehingga pepatah tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang dapat papalunna lakukan sehingga menambah aset pemasukan selain dari pekerjaan offline, jasa pemasangan iklan dan pembuatan banner juga dapat tambahan dari keuntungan berjualan kaos secara online. Rencana ke depan papalunna juga masih akan mencoba membuka toko online lagi untuk produk yang lain. Doakan semua bisa berjalan lancar.. Amin !

1 comments:

Jefry March 26, 2013 at 11:52 AM  

kedepannya semoga makin sukses :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP